Agustus 2024


Polda Maluku Utara mengerahkan 102 personel dari Direktorat Samapta untuk melakukan kegiatan kemanusiaan membantu masyarakat yang menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor di Kelurahan Rua, Kota Ternate. Selain itu juga menurunkan anjing pelacak dari Tim K9 untuk mencari korban yang masih hilang.

Direktorat Samapta Polda Malut, Kombes Pol Sukron mengatakan akibat bencana alam yang terjadi Minggu (25/8/2024) sekitar pukul 03.30 WIT, telah memakan korban jiwa 19 orang. "Dari laporan dan data terhimpun untuk korban yang sudah teridentifikasi forensik kedokteran Polda Malut ada 16 jenazah," kata Kombes Pol Sukron dalam keterangan, Senin (26/8).

Sukron menerangkan, pengerahan Dalmas dan Subdit Gasum untuk menerima laporan warga yang hilang guna menentukan titik lokasi pencarian. Setelah itu berkoordinasi dengan stakeholder terkait terkait penggunaan alat berat ketika ada hasil pelacakan K9 dalam penggalian.

"Target pelaksanaan giat kemanusiaan untuk menemukan jenazah yang masih terimbun tanah akibat longsor dan banjir bandang," ucapnya.

Lebih lanjut, anggota juga akan mengambil keterangan warga yang selamat. Berdasarkan informasi, masih ada tiga warga yang masih hilang dan belum ditemukan. Sukron mengatakan pihaknya telah mengevakuasi warga dan mengimbau untuk menempati lokasi-lokasi pengungsian yang telah didirikan.

"Pelaksanaan pencarian akan diteruskan besok bersama Tim SAR gabungan dan menurunkan kembali satu ekor anjing pelacak dari K9 Polda Maluku Utara," ujar Sukron.

 


Pasaman, Serasinews.com - Guna menjaga pelaksanaan pemilu kepala daerah yang aman dan tertib dan kondusif, jajaran Polres Pasaman dan Stock holder terkait laksanakan Apel gelar Pasukan,  di halaman kantor Bupati Pasaman, senin 26/08/2024.


Apel tersebut melibatkan beberapa satuan,  diantaranya , Satuan Polres Pasaman,  Kodim.0305 Pasaman, Satpol PP dan Damkar, PolsusPas, Dinas Perhubungan, KPU Pasaman dan Bawaslu Pasaman.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Bupati.Pasaman diwakili oleh Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Ketua DPRD Pasaman Adel Nefri Asfandi ,Mewakili Kajari Pasaman, Kasdim 0305 Pasaman , Ketua pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri,  Kepala OPD, dan organisasi Masa.


Kapolres Pasaman Yudho Huntoro, S.I.K ,.M.I.K selaku Inspektur apel dalam sambutanya menyebutkan,  Penyelenggaraan gelar pasukan singgalang   dalam rangka Pengembangan Pilkada serentak 2024  , sehingga Pilkada yang akan diselenggarakan dapat terlaksana aman dan lancar. Pilkada 2024 adalah pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah.


Dan kegiatan ini merupakan bentuk pengecakan akhir kesiapan personil maupun sapras operasi  mantap praja singgalang 2024, sehingga pilkada 2024 diharapkan dapat terselenggera dengan aman dan lancar. 


Yudho Huntoro juga menjelaskan , Pilkada serentak 2024 adalah pesta demokrasi ke-2 setelah pemilu bulan februari kemarin, perihal pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa dan masyarakat tentunya harus berpastisipasi penuh guna menyukseskan pilkada 2024, terlebih lagi pilkada 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak seluruh daerah di Sumatera Barat.


Operasi terlaksana selama 112 hari sejak 27 Agustus 2024 sampai dengan 16 Desember 2024 yang diikuti  202 personil polres dan polsek jajaran polres pasaman pemungutan suara pilkada serentak 2024 ini akan berlangsung tanggal 27 Nopemper 2024 dengan jumlah DPT terdaftar sebanyak 219.472 jiwa, 12 kecamatan, 62 Nagari dan 605 TPS yang tersebar di Kabupaten Pasaman. trang Kapolres.


Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategis komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Peserta Apel dan Para Hadirin yang saya banggakan terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah, apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas antipasi maka menggunakan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas propolitas, legalitas, akuntabilitas serta nesessitas. Khusus terkait bencana alam koordinasi dengan TNI, BNPB, BNKG dan Stakeholder lainnya guna memetakan daerah terawan sehinga bencana dapat dimitigasi sehingga kesiapan mula rencana antisipasi bekerja sama, apabila nanti terdapat situasi bencana alam di daerah seperi contohnya mempersiapkan kualitas pencoblosan di lokasi pengungsian pilkada serentak, dengan ancaman teroris juga harus menjadi perhatian serius pada, terang Yudho.


Dimana penyelenggaraan pemilu 2019 terdapat up aksi serangan teroris dan ini tidak boleh terjadi di pilkada serentak 2024, Khususnya di wilayah Kabupaten Pasaman. Optimalkan preventif, stright agar pelaku teroris berhasil ditangkap sebelum menegakkan aksinya hingga kita bisa memastikan tidak ada aksi teror terjadi selama pilkada serentak tahun 2024. Selanjutnya terkait tindak pidana selama pilkada serentak lakukan koordinasi dan kolaborasi antara pihak sentral gardu induk agar penanganan kendaraan serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional, transparan sehingga mendapat legitimasi dari masyarakat. paparnya.



Dusini ada penekanan untuk menpedomani serta dilaksanakan sebagai berikut : 1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua. 2. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat medukung pelaksanaan operasi. 3. Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, manis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan body sistem guna menjamin keselamatan personil. 4. Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing. 5. Lakukan pengaturan jadwal sehingga kesehatan personil selalu dalam kondisi yang prima, hal ini penting mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pilkada 2024 dilakukan secara serenta. 5. Kedepankan komunikasi publik dan upaya calling system agar mayrakat berpastisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pilkada 2024 dengan terhindar dari polarisas. 7. Tingkatkan soladaritas antara seluruh personil pengamanan maupun stakholder  terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi. Serta Apel dan para hadirin  yang berbahagia terakhir saya ucapkan terima kasih selamat bertugas kepada seluruh personil yang terlibat, mari sama-sama kita amankan ke negara serentak 2024 Di Kabupaten Pasaman demi mewujudkan visi indonesia ini emas 2025 yang kita cita-citakan bersama , Tutup Yudho Huntoro.

Dikesempatan yang sama, juga dilaksanakan pemasangan pita tanda peserta pengamanan pemilu kepala daerah oleh Kapolres terhadap perwakilan satuan pengamanan.


Foto : Pertunjukan yang dilakukan mahasiswa yang mengambarkan bentuk penindasan oleh rezim pada rakyat

Sumbar, Serasinews.com -  Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Sumatera Barat ( Sumbar ) memadati jalan di Depan Kantor ( DPRD Prov.Suumbar ). Kamis, ( 22 Agustus 2024 ) Sekira Pukul 10.40 WIB.

Kedatangan mahasiswa ke Kantor DPRD Provinsi Sumbar tersebut dalam rangka menolak revisi UU Pilkada yang dilakukan oleh DPR RI pasca Putusan MK MK No.60/PUU-XXII/2024 tentang Ambang Batas Pencalonan Kepala Daerah.

Pada kegiatan aksi yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa tampak sejumlah poster-poster yang bertuliskan ” Sumbar melawan oligarki, Demokrasi Tidak Boleh Mati “, ” Bubarkan DPR RI”, ” Selamatkan Indonesia “.

” Hari ini Kita melakukan aksi di Depan Kantor DPRD Prov.Sumbar untuk menyelamatkan bangsa dari Oligarki untuk melangengkan kekuasaannya serta Dinasti Politiknya ” Ucap salah seorang Domonstran dalam orasinya. (red)


Padang, Serasinews.com - Polda Sumbar menggelar latihan Tactical Floor Game dan Sispamkota untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada serantak tahun 2024. 

Latihan ini digelar di Lapangan Mako Satbrimob Polda Sumbar pada hari Kamis, 22 Agustus 2024.

Karo Ops Polda Sumbar Kombes Djajuli, S.Ik., M.Si, Menyebut, agar pelaksanaan latihan Tactical Floor Game dan Sispamkota ini dilaksankan dengan sepenuh hati, gembira dan serius.

“Dalam latihan Tactical Floor Game dan Sispamkota yang berlangsung pada hari ini  agar dilakasankan dengan benar, baik sebagai pelaksana atau bulsit dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan personil yang terlibat dalam simulasi ini,” ujar Karo Ops.

Dia mengatakan latihan Sispamkota digelar oleh Polda Sumbar bertujuan melihat kesiapsiagaan seluruh personel yang terlibat  dalam mendukung pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang diwilayah Polda Sumbar.

“Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan sepenuh hati,sehingga membawa manfaat bagi kita semua dalam Pelaksanaan Operasi Mantap Praja Singgalang 2024 pengamanan Pilkada serentak tahun 2024,” Pungkasnya.


Sumbar  - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di halaman depan Mapolda Polda Sumbar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Suharyono, yang memimpin langsung jalannya upacara tersebut dengan penuh khidmat.

Upacara dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB, diikuti oleh seluruh jajaran Polda Sumbar, termasuk para pejabat utama, personel Kepolisian dari berbagai satuan kerja, serta perwakilan dari Pegawai Negeri Sipil Polri. 

Dalam amanatnya Irjen Pol Suharyono menyampaikan dalam ranga memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024. Kita patut bersyukur atas kemerdekaan yang dikaruniaikan Allah SWT dengan perjuangan panjang dari para pejuang, mari kita implementasikan rasa syukur dan terima kasih tersebut melalui pengabdian melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab serta kesungguhan hati dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat bangsa dan negara.

Lebih lanjut Kapolda Sumbar menyampaikan, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024 mengusung tema Nusantara Baru Indoensia Maju, tema ini memiliki makna semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan dan berkolaborasi untuk menyongsong Indonesia emas. Saat ini Indonesia telah menunjukan aksi nyata yang progresif dengan melakukan Pembangunan berkelanjutan. 

Selain itu, Irjen Pol Suharyono menyampaikan ucapan terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas kinerja kita semua dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif dalam memberikan perlindungan,perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat khususnya Sumatera Barat. Saat ini kita dihadapkan pada persoalan yang cukup menyita perhatian Masyarakat Sumbar dan menjadi pemberitaan nasional dengan maraknya aksi kelompok tawuran anak remaja yang masih dibawah umur sampai menimbulkan korban jiwa.

Lanjut Kapolda menambahkan, Polda Sumbar dan jajaran tetap berkomitmen melakukan Tindakan antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, meskipun terkadang niat baik dan ikhlas yang telah kita lakukan dipandang tidak popular oleh Masyarakat, namun dengan tulus dan Ikhlas Polda Sumbar tidak akan pernah gentar melawan berbagai bentuk kejahatan.

"Namun demikian, kita meyakini dengan sepenuh hati bahwa kebenaran akan muncul dengan sendiri pada waktunya, serta kemuliaan porli tidak akan pernah luntur," kata Kapolda Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Irjen Pol Suharyono  juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya beberapa kegiatan dan agenda nasional yang berjalan aman dan lancar di wilayah hukum Polda Sumbar, agenda besar nasional Pilpres dan Pileg tahun 2024 sudah terlaksanakan dengan aman dan damai serta kunjungan presiden Republik Indonesia dan beberapa pejabat tinggi negara ke wilayah hukum Polda Sumbar terlaksanakan dengan tertib dan lancar, hal ini merupakan capaian Bersama dan kerja keras seluruh personel Polda Sumbar dan jajaran.

Kapolda Sumbar juga menyampaikan,  Kedepan kita akan dihadapan dengan penyelenggaraan pilkada tahun 2024, rangkaian pelaksanaan sudah dimulai dan akan terus bergulir sampai dilantiknya pejabat kepala daerah yang terpilih. 

"Saya tegaskan tidak ada personel yang terlibat politik praktis dengan mendukung salah satu calon atau partai politik tertentu sehingga netralitas polri tetap terjaga," ujar Kapolda Sumbar. 

Kewajiban kita semua untuk mewujudkan pemilu kepala daerah yang aman, tertib dan damai, terlebih untuk wilayah hukun polda Sumbar, saya harapkan agenda nasional pemilihan kepala daerah terlaksanakan tanpa kendala apapun.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda Sumbar memberikan beberapa penekaan dalam mengapai tugas kedepan yang diantaranya : 

1.Jaga dan tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan kita terhadap tuhan yang maha esa, sehingga kita dapat terus diberikan kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

2.Tanamkan dan pelihara nilai-nilai juang yang telah diwariskan oleh para pahlawan, sehingga kita dapat memaknai perjuangan dan mengisi kemerdekaan dengan cara melaksanakan kewajiban sebagai abdi negara guna melindungi, mengayomi,melayani masyrakat.

3.Pahami dan melaksanakan sungguh-sungguh, setiap amanah yang diberikan oleh Masyarakat sebagai insan Bhayangkara, agar soliditas Polri dapat terus terjaga dan polri semakin dicintai oleh Masyarakat.

4.Pelihara hubungan dan jalin Kerjasama serta sinergitas dengan seluruh elemen bangsa, sehingga Polri mampu menghadapi segala permasalahan sosial yang terjadi secara efektif, efisien dan tuntas. (*)

 


Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan momen penting ini dengan semangat yang lebih kuat dan tekad yang lebih kokoh untuk mewujudkan nusantara baru dan Indonesia yang lebih maju. 

Pada peringatan HUT RI ke-79 kali ini, Kapolri menekankan bahwa Indonesia telah melalui perjalanan panjang dalam mencapai kemerdekaan dan menjaga kedaulatannya. 

Namun, tantangan yang dihadapi bangsa ini tidak berhenti di situ. Di era Nusantara Baru, Indonesia harus mampu bergerak lebih cepat dan lebih kuat untuk menghadapi dinamika global yang terus berubah. 

"Meskipun perbedaan ada disekitar kita tapi karya kita, untuk memajukan bangsa. Meskipun keyakinan kami tak sama. Namun cinta tetap mempersatukan, kami tak berhenti untuk terus mendaki. Bergandengan tangan saling melengkapi," ujar Kapolri dalam unggahan akun instagramnya, Jumat 16 Agustus 2024. 

Kapolri menambahkan bahwa perjalanan bangsa ini belum selesai. Setiap generasi memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan pendiri bangsa. Oleh karena itu, Kapolri mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bersatu, bekerja sama, dan saling mendukung demi mewujudkan visi besar Indonesia Maju.

"Menjaga cita-cita bersama dengan persaudaraan mencapai puncak tertinggi untuk jayanya Nusantara. Selamat Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Nusantara Baru Indonesia Maju," tutur Kapolri. 

Kapolri juga menyoroti pentingnya semangat gotong royong dalam membangun Nusantara Baru. Bagi Kapolri, gotong royong bukan sekadar konsep, tetapi merupakan nilai luhur yang telah menjadi bagian dari identitas bangsa Indonesia. Dengan gotong royong, semua tantangan dan rintangan dapat diatasi bersama.

 


Padang - Dalam rangka mempersiapkan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak, Kodam I/BB menggelar apel gelar pasukan operasi pengamanan Pilkada serentak di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.


Danrem 032/Wbr Bigjen TNI Wahyu Eko Purnomo selaku Dankolakops Pampilkada di wilayah Sumatera Barat memimpin langsung apel gelar pasukan operasi pengamanan Pilkada serentak dilapangan RTH Imam Bonjol Jln. Sudirman Padang Sumatera Barat, Jumat (16/8/2024).

Pelaksanaan apel gelar ini merupakan tindaklanjut dari Perintah Operasi (PO) yang telah diberikan untuk menjamin kesiapan operasional seluruh personel maupun alat peralatan serta Alutsista yang akan digunakan pada pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, sehingga diharapkan pelaksanaan pilkada dapat  berlangsung aman dan lancar.

Dalam sambutan Pangdam  I/BB yang di bacakan pimpinan apel menegaskan, pelaksanaan tugas pengamanan pilkada serentak tahun 2024 merupakan kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh rakyat, untuk itu laksanakan tugas secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab.

"Pegang teguh prinsip netralitas dan utamakan tindakan persuasif serta pelihara situasi kondusif dalam menghadapi perkembangan situasi selama pelaksanaannya dan yakinkan bahwa setiap personel  memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya", tegas Pangdam.

"Laksanakan koordinasi melekat dengan instansi terkait, agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta pedomani rule of enggagment (roe) atau aturan pelibatan yang telah ditetapkan komando atas dalam menyelesaikan persoalan dan dinamika dilapangan", jelasnya.

Usai Apel gelar pasukan, Kepala Seksi Operasi Korem 032/Wbr Kolonel Inf Achmad Fikri Dalimunthe mengatakan kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di 10 satuan Kodim jajaran Korem 032/Wbr melibatkan 1687 personel. (Penrem032)


Sumbar -- Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-76 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia, Polwan dari berbagai satuan di wilayah di Indonesia menggelar kegiatan napak tilas di Kota Bukittinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para pendahulu Polwan serta menumbuhkan semangat kebangsaan dan kesatuan di kalangan anggota Polwan saat ini.

Turut hadir Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono,  ⁠Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono,  ⁠Kapusdokkes Polri (Diwakili), Pakor Polwan RI, ⁠Pejabat Utama,  ⁠Para Kapolres/ta Jajaran, Forkopimda Bukittinggi serta.  ⁠Perwakilan Polwan se-indonesia.

Napak tilas yang diadakan pada Senin (12/8/2024) ini dimulai dari titik awal di Jam Gadang Bukittinggi menuju monumen Polwan, kemudian dari monumen polwan dilanjutkan ke Stasiun Lambuang. Kegiatan ini dengan dihadiri oleh ratusan Polwan yang mengenakan seragam lengkap. Dengan penuh semangat, mereka menelusuri rute yang bersejarah.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono yang didampingi Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono,  Perwira Koordinator (Pakor) Polwan RI Brigjen Pol Dra. Desy Andriani melepas rombongan napak tilas. 
Kabid humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan,  Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para Polwan terdahulu yang telah berjasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia.

"Kegiatan napak tilas ini bukan hanya sekadar mengenang sejarah, tetapi juga memperkuat ikatan di antara para Polwan dan meningkatkan rasa cinta tanah air," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, para Polwan melakukan sejumlah kegiatan sosial seperti bakti sosial dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat sekitar serta bakti religi juga dilaksanakan sebagai bagian dari perayaan ini.

Salah satu Polwan peserta napak tilas, Briptu Ayu Febrina, mengungkapkan kebanggaannya bisa berpartisipasi dalam acara ini. "Ini adalah momen yang sangat berharga bagi kami sebagai Polwan. Kami bisa mengenang sejarah, belajar dari para pendahulu, dan bertekad untuk terus memberikan yang terbaik dalam tugas kami sebagai abdi negara," katanya.

Kegiatan napak tilas ini diakhiri dengan syukuran dan doa bersama serta acara ramah tamah di sekitar area monumen polwan, ikon Kota Bukittinggi. Para Polwan berharap, semangat yang terbangun dalam kegiatan ini dapat terus dihidupkan dalam setiap langkah mereka dalam menjalankan tugas di masa depan.(*)

 

Arosuka - Kelompok PKH di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok melaksanakan family gathering dalam rangka memperingati HUTRI Ke-79, yang bertempat di Alahan Panjang Resort, Sabtu(10/08/2024).

Hadir Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin S.Sos, M.Si bersama Bundo PKH Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Terpilih Novi Amanda, Kepala Dinas Sosial Mulyadi Marcos, SE, MM, Para Kepala OPD terkait lainnya, Camat Lembah Gumanti Andi Sofiani, S.Sos, dan Walinagari se-Kecamatan Lembah Gumanti. 

Laporan Kepala Dinas Sosial Muliyadi Marcos, SE, MM :
- Kecamatan Lembah Gumanti memilik 4 Nagari dengan total 2.216 orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat)
- Harapan kita kepada seluruh keluarga penerima manfaat yang sudah mandiri agar dapat melaporkannya kepada pembimbing PKH sehingga kita dapat memberikan peluang bagi saudara-saudara kita lainya yang membutuhkan.
- Nantinya bagi keluarga yang sudah mandiri dapat kita usulkan untuk mendapatkan Program PENA(Pahlawan Ekonomi Nusantara) dan diberikan bantuan modal usaha.

Sambutan Bundo PKH Ny. Hj. Emiko Epyardy Asda, SP :
- Terimakasih atas inisiatif dan semangat kita Kelompok PKH melaksanakan kegiatan Family Gathering ini, semoga melalui kegiatan ini dapat mempererat hubungan silahturahmi kita  bersama.
- Melalui kegiatan Family Gathering ini kita harapkan dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan kita di Kabupaten Solok untuk pembangunan yang lebih baik lagi kedepannya.
- Kepada kita semua pada hari ini mari kita bergembira memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun 2024 ini.

Bundo PKH Kabupaten Solok secara pribadi juga menyumbangkan beberapa hadiah Door Prize berupa barang-barang elektronik dan peralatan rumah tangga guna menambah semarak dan kemeriahan kegiatan.

Sambutan Staf Ahli Bupati Safrudin S.Sos, M.Si :
- Mewakili Bupati Solok kami menyampaikan rasa bangga akan semangat kelompok PKH di Kecamatan Lembah Gumanti yang telah melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini.
- Saat ini Kecamatan Lembah Gumanti tengah menjadi kawasan tujuan pariwisata, hal ini dikarenakan potensi luar biasa yang kita miliki 
- Hal ini dapat terwujud melalui program-program pemerintah yang didukung secara baik oleh masyarakat, untuk itu kita ucapkan terimakasih atas segala bentuk upaya dan dukungan kita bersama memajukan daerah kita. 

Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan nutrisi untuk anak-anak kurang mampu dan bantuan selimut untuk lansia di Kecamatan Lembah Gumanti.

Kegiatan ini diisi dengan beragam rangkaian outbond pembagian door prize dan kegiatan hiburan lainnya yang diikuti oleh seluruh keluarga penerima manfaat PKH di Kecamatan Lembah Gumanti.



Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menerima tamu istimewa dari SMA Islam Al Ishlah Bukittinggi pada Kamis (08/08). Kegiatan ini berlangsung di Gedung J, Kampus III Sungai Bangek, yang merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kampus oleh SMA Islam Al Ishlah untuk tahun ajaran 2024-2025.

Wakil Kepala SMA Islam Al Ishlah, Teta Andini, S.Pd.Gr., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak UIN yang telah memfasilitasi kunjungan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada UIN yang telah menerima kami dengan hangat dan memfasilitasi kunjungan ke kampus ini,” ujarnya.

Sekolah Islam pertama di Bukittinggi ini membawa serta para siswa dari angkatan ke-5, 6, dan 7. Dalam sambutannya, Teta menjelaskan bahwa sekolah ini memiliki program unggulan, yakni program tahfiz yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek. “Kami menggunakan Kurikulum Merdeka dalam proses belajar mengajar,” tambahnya.

Teta juga mengungkapkan bahwa UIN Imam Bonjol menjadi salah satu kampus yang masuk dalam daftar kunjungan SMA Islam Al Ishlah. “UIN sudah menjadi salah satu pilihan utama kami karena banyak lulusan dari sekolah kami yang mengarah ke sini,” tuturnya.

Teta berharap kunjungan ini dapat memberikan gambaran kepada siswa tentang karakteristik UIN Imam Bonjol serta tips untuk bisa masuk ke Universitas tersebut. “Saya berharap anak-anak bisa aktif dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro AUPK UIN Imam Bonjol, Fuad, mengungkapkan kebahagiaannya atas kedatangan SMA Islam Al Ishlah. “Kami sangat senang dan bangga menerima kunjungan ini. Tentunya, kami akan merasa lebih bangga jika adik-adik sekalian bisa menjadi bagian dari keluarga besar UIN Imam Bonjol,” ujarnya.

Fuad juga memberikan penjelasan singkat tentang sejarah dan keunggulan UIN Imam Bonjol yang merupakan salah satu dari 58 perguruan tinggi Islam di Indonesia. “UIN Imam Bonjol didirikan pada tahun 1966 sebagai IAIN dan berubah menjadi UIN sejak 2017. Saat ini, UIN memiliki 7 fakultas dengan 46 program studi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fuad juga berpesan tentang pentingnya penggunaan gadget secara bijak. “Gunakan gadget untuk hal-hal positif dan hindari hal-hal yang bisa merusak mental, seperti pornografi. Jadilah pribadi Muslim yang taat dan menjaga lingkungan sekitar,” pesannya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa SMA Islam Al Ishlah dalam menentukan pilihan lanjutan pendidikan mereka di masa depan.



Sumbar, Serasinews.com  - Usai pelaksanaan shalat subuh berjamaah, ratusan personel di Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mengikuti doa bersama di Halaman Mapolda setempat, Jumat (9/8) pagi. 

Selain dari jajaran Polda Sumbar, kegiatan tersebut juga dihadiri Forkopimda Sumbar, diantaranya Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Danlanud, perwakilan dari Danlantamal II Padang, Danrem 032/WBR serta Penjabat Wali Kota Padang Andree Algamar. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan dimaksud, berdoa kepada sang pencipta agar masyarakat Sumatera Barat diberi kesehatan hingga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan aman dan lancar serta dijauhi dari marabahaya. 

"Secara orientasi, Polisi di Sumatera Barat pun adalah bagian dari masyarakat Sumbar, sehingga kami memang sengaja dengan niat yang baik mengadakan kegiatan ini. Sebenarnya dengan waktu dan perencanaan yang sudah relatif lama, kami berbincang dengan unsur forkopimda serta pejabat utama Polda Sumbar terkait kegiatan ini, dan hari ini lah waktunya yang tepat," katanya. 

Dirinya menyebut, rangkaian kegiatan doa bersama ini sudah dimulai dari dini hari tadi dengan agenda Khataman Alquran, hingga menggelar Istiqhosah dan dilanjutkan dengan meresmikan pagar baru Mapolda Sumbar. 

"Dengan diadakannya acara ini, kami berharap pastinya salah satunya memberikan suri tauladan bagi unsur lain termasuk masyarakat Sumbar, bahwa doa ini sepanjang masa memang sangat penting. Karena kita tahu doa itu adalah inti dari ibadah, semakin banyak kita berdoa semoga Allah SWT memberikan ridho dan hidayahnya kepada kita," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Polda Sumbar juga melibatkan salah satu yayasan Yatim Piatu di Kota Padang untuk berdoa bersama serta memberikan santunan kepada mereka. (*)


Sumbar, Serasinews.com  – Tim Perhimpunan Dokter Forensik Medikolegal Indonesia (PDFMI) melakukan pengecekan di lokasi penemuan jenazah Afif Maulana pada hari ini, Jumat (9/8/2024). 

Tim forensik yang diketuai Ade Firmansyah Sugiharto mendatangi Jembatan Kuranji sekkitar pukul 08.30 WIB. Rombongan juga didampingi beberapa lembaga lainnya. 

Olah TKP ini dilakukan untuk menguatkan nantinya hasil temuan autopsi ulang jenazah Afif Maulana, yang Sebelumnya, autopsi ulang itu dilakukan di RSUP M Djamil Padang, pada Kamis (8/8/2024) kemarin.

Dalam kesempatan itu, tidak jauh dari TKP tampak hadir Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, sementara pihak KPAI, LPSK serta Kementerian PPA mendampingi PDFMI di TKP. Selain itu, kuasa hukum keluarga Afif Maulana yakni dari LBH Padang turut mendampingi olah TKP tersebut. 

Dalam wawancara singkat Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, menyebutkan, kehadiran Kompolnas dalam olah TKP untuk memastikan semua sudah berjalan baik dan lancar. Hasil sepenuhnya diserahkan ke tim forensik. 

"Untuk hasil biar ahlinya yang berbicara, kita tunggu saja. Karena mereka (tim forensik) yang melakukan untuk menambah masukan informasi ketika nanti dikaitkan dengan hasil autopsi ulang," sebutnya. 

Sebelumnya, Ade Firmansyah Sugiharto, selaku ketua tim Forensik yang melakukan autopsi ulang jenazah Afif Maulana sempat menjelaskan,  tim Forensik melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian untuk melihat, mengukur dan analisa kondisi di lapangan. 

"Kami butuhkan untuk bisa kami menganalisa efek atau pun geomekanika yang terjadi pada tubuh jenazah sehingga bisa kami analisis dengan tepat," kata Ade Firmansyah pada Saat Konferensi Pers di RSUP M Djamil Padang, pada Kamis (8/8/2024) kemarin.

 

Jakarta, Serasinews.com - Partai Demokrat secara resmi menyerahkan rekomendasi kepada pasangan Yulianto- M Ihpan untuk menjadi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Dengan demikian pasangan ini akan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bertarung pada kontestasi Pilkada 2024.

“Alhamdulillah hari ini kita resmi ditunjuk oleh DPP Partai Demokrat untuk maju pada Pilkada 2024. Rekomendasi kita terima di DPP Demokrat yang langsung diberikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dengan demikian saya bersama M Ihpan diusung oleh Partai Demokrat dan PKS,” kata Yulianto melalui telepon genggam, Kamis.

Menurutnya dengan telah finalnya rekomendasi dua partai ini maka pihaknya siap mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27-29 Agustus 2024 nanti.

Ia mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat Pasaman Barat untuk kembali maju pada Pilkada 2024.

Selain itu juga mohon dukungan kepada semua pengurus dan kader Partai Demokrat dan PKS agar bersama-sama memenangkan pasangan Yulianto-M Ihpan.

“Kita siap kembali memimpin Pasaman Barat dengan dukungan kebersamaan semua pihak. Kita ingin Pasaman Barat lebih maju, bermartabat dan mampu menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Untuk itu, katanya, dia bersama M Ihpan akan merangkul semua pihak. Tanpa doa dan dukungan semua pihak pasangan Yulianto-M Ihpan tidak ada apa-apanya.

Tokoh pemekaran nagari (desa) di Pasaman Barat ini menilai optimalisasi pelayanan diperlukan di daerah itu.

Apalagi Pasaman Barat memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi khususnya sektor pertanian dan perkebunan.

Untuk mengelola dan menjalankan itu dibutuhkan birokrasi yang efektif, profesional, akuntabel untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, benar, dan bersih.

Bakal Calon Wakil Bupati M Ihpan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus DPP Partai Demokrat dan DPP PKS yang telah mempercayakan kepada Yulianto-M Ihpan untuk maju pada Pilkada 2024.

“Sesuai perintah dan penugasan dari partai, saya siap mendamping Yulianto sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati periode 2024-2029. Hari ini saya resmi dapat rekomendasi dari Partai Demokrat di DPP Demokrat di Jakarta,” katanya.

M Ihpan yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar mengajak masyarakat Pasaman Barat untuk menatap masa depan yang lebih baik. Mari sukseskan pesta demokrasi saat ini.

“Kita ingin pelaksanaan pilkada berjalan dengan lancar, aman dan “badunsanak” (bersaudara) menuju Pasaman Barat maju dan lebih baik lagi,” harapnya.

(Rides/Dolop) 

 

Sumatra Barat - Ekshumasi jasad anak AM (13) dilakukan pagi tadi. Ekshumasi tersebut dilakukan guna proses penyidikan dugaan penganiayaan sampai AM meninggal dunia.

Ekshumasi dilakukan sejak pukul 08.00 WIB oleh Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI). Kapolda Sumatra Barat Irjen. Pol. Suharyono menyaksikan langsung ekshumasi bersama keluarga AM, LBH Padang, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kompolnas, dan Komnas HAM.

“Alhamdulillah, untuk tahap pertama ekshumasi hari ini berjalan lancar sesuai dengan rencana,” ungkap Kapolda Sumatra Barat, Kamis (8/8/24).

Kapolda menerangkan, dalam pelaksanaan ekshumasi ini tidak ada dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polri yang terlibat.

“Kita serahkan rada pada alihnya, karena semua yang menangani adalah dokter-dokter yang sudah profesional. Kami tekankan lagi bahwa pelaksanaan ekshumasi ini bukan dari dokter Polri,” jelasnya Kapolda.

Dibeberkan Kapolda, pihaknya akan mengikuti semua proses yang ada. Bahkan, sejak penanganan kasus ini, baik dari Polres Padang hingga Polda Sumatra Barat dipastikan selalu profesional.

Sejauh ini, ungkap Kapolda, 48 saksi sudah diperiksa. Proses penyidikannya pun akan terus berjalan dan dipastikan hingga tuntas.

“Kami pun sebagai aparat kepolisian, saya selaku atasan penyelidik, akan tetap mengikuti jalannya proses sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Kapolda.


Padang - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Uli Simanjuntak beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Korem 032/Wiraraja Padang Sumatera Barat, Rabu(7/8/2024)

Kunjungan dimulai dari Rumah Sakit Tentara Tingkat III Dokter Reksodiwiryo, Kasad dan rombongan langsung meninjau pembangunan gedung baru Rumah Sakit dan cek fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia termasuk   membesuk beberapa pasien yang sedang dirawat. Hal ini mencerminkan komitmen TNI Angkatan Darat dalam meningkatkan fasilitas kesehatan bagi prajurit dan keluarganya serta masyarakat umum.

Selanjutnya dari RST bertolak menuju Mako Yonif 133/Yudha Sakti, Kasad langsung disambut dengan jajar kehormatan oleh Regu Dinas Keamanan yang sedang melaksanakan tugas, kemudian Kasad  melaksanakan video conference dengan  Dansatgas Yonif 133/Yuda Sakti yang saat ini bertugas di perbatasan Papua.

Usai melaksanakan video conference Kasad dan rombongan meninjau TK Kartika 1 6 3 yang berada di bawah naungan Yonif 133/ Yudha Sakti, hal ini menunjukkan perhatian terhadap pendidikan anak-anak prajurit.

Kegiatan dilanjutkan ke Makoran 032/Wirabraja dan rombongan diawali oleh laporan  Komandan KOREM (Danrem) 032/Wbr Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo dengan jajar kehormatan jaga satri diiringi dengan tarian pasambahan dari siswa siswi SMA Kartika 1-5 Padang.

Kemudian pengarahan kepada prajurit PNS dan Persit,  Kasad menyampaikan pentingnya dedikasi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, pada acara tambahan  Kasad juga menyerahkan Kaporlap secara simbolis menunjukkan setiap prajurit mempunyai hak yang sama untuk menerimanya dan memberikan tali asih kepada 4 Warakawuri  serta 4 anak anggota berprestasi yang memperlihatkan kepedulian terhadap Keluarga Besar TNI Angkatan Darat.

Kunjungan kerja berikutnya Kasad meninjau progres pembangunan kantor Koramil 0312-04/Lubeg Kodim 0312/Padang. Didepan awak media beliau mengatakan pembangunan swakelola Kantor Koramil jauh lebih efektif dan efisien serta lebih ekonomis, sehingga TNI ada akan terus mengevaluasi dan kedepan akan lebih ditingkatkan keseluruh jajaran.

Dalam kesempatan yang sama Komandan KOREM (Danrem) 032/Wbr Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo mengatakan Kegiatan bapak Kasad dan ibu Ketua Persit beserta rombongan ini merupakan program kerja yang sudah direncanakan tahun 2024 yaitu akan mengunjungi 84 satuan jajaran setingkat Korem di Indonesia.
Hari yang  cerah  ini Padang Sumatera Barat,  membawa harapan mendukung perekonomian wilayah bersama rakyat untuk menumbuhkan keamanan dengan kehadiran bapak KASAD bersama kita.

"Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami tentunya dengan kunjungan oleh bapak Kasad dan ibu ketua umum Persit beserta rombongan, harapannya seluruh prajurit Kodam I/BB khususnya seluruh prajurit Wirabraja termotivasi dalam menunaikan tugasnya ke depan" ucap Danrem. (Penrem032)



Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Dedi Prasetyo serta Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menyambut tim voli Jakarta Bhayangkara Presisi dan Popsivo Polwan yang dipimpin Manajer tim Irjen Pol Pipit Rismanto, Rabu malam (07/08/2024) di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta selatan. 

Kedua tim voli putra-putri Polri ini baru saja menorehkan prestasi dengan merebut juara 1 pada kejuaraan voli Proliga 2024 untuk putra dan juara 3 untuk tim putri. 

Irjen Pol Pipit Rismanto melaporkan kepada Kapolri bahwa tim yang diasuhnya bermain tanpa beban di final sehingga bisa menunjukkan penampilan yang maksimal.

“Kami dari Jakarta Bhayangkara Presisi hanya ingin buat bangga pak Kapolri, buat bangga institusi Polri. Tidak ada beban, tidak memikirkan kalah menang. Yang penting bagaimana caranya memberikan tontonan yang menarik bagi para pecinta bola voli dan 16 ribu penonton yang hadir menyaksikan di Indonesia arena dan puluhan bahkan ratusan ribu penonton yang menyaksikan secara online,” ujar Irjen Pol. Pipit Rismanto. 

Keberhasilan meraih juara 1 proliga merupakan yang pertama kali bagi Jakarta Bhayangkara Presisi setelah dua tahun sebelumnya selalu kalah di final oleh Jakarta Lavani Allo Bank Electric. Jakarta Bhayangkara Presisi mengubur mimpi Lavani untuk meraih juara Proliga yang ketiga kali secara berturut-turut dengan skor menyakinkan 3 : 1. 

Irjen Pol. Pipit menambahkan ia bersama tim Jakarta Bhayangkara Presisi dan Popsivo Polwan akan terus berlatih agar dapat meraih prestasi lebih tinggi di tahun 2025. Irjen Pol. Pipit juga melaporkan bahwa sebagai juara Proliga 2024, Jakarta Bhayangkara Presisi akan mewakili Indonesia di Asia Volley Ball Club (AVC) Men Championship di Iran September mendatang. 

Usai menyampaikan laporannya, Irjen Pol. Pipit Rismanto menyerahkan piala bergilir Proliga 2024 kepada Kapolri. Jenderal Pol. Listyo Sigit mengucapkan selamat atas prestasi dan terima kasih atas kebanggaan yang dipersembahkan Jakarta Bhayangkara Presisi.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak Pipit yang telah memimpin tim Bhayangkara Presisi yang berhasil meraih juara 1 Proliga dan Popsivo Polwan menjadi juara ketiga. Dan saya kira ini adalah kebanggaan kita bersama, kebanggaan institusi Polri. Prestasi ini harus kita pertahankan dan saya yakin kalian akan mampu bermain dengan lebih baik di tahun yang akan datang,” ujar Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Dalam kesempatan Kapolri juga memberikan motivasi kepada tim voli Jakarta Bhayangkara Presisi agar bisa tampil maksimal di AVC Men Club 2024 di Iran. 

“Selamat berjuang. Semoga kita bisa meraih prestasi tertinggi agar dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional,” tambah Kapolri.

Atas prestasi yang dicapai, Kapolri memberikan penghargaan berupa bonus masing-masing uang tunai Rp. 75 juta untuk pemain tim Jakarta Bhayangkara Presisi dan Rp. 50 juta untuk Popsivo Polwan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Kapolri terhadap olahraga voli. Ini menjadi dukungan moril yang sangat berarti bagi kami yang sedang mempersiapkan mengikuti AVC Men Club di Iran,” ujar Iptu Nizar Julfikar, Kapten Tim Jakarta Bhayangkara Presisi. 

Selain memberikan apresiasi kepada tim Jakarta Bhayangkara Presisi dan Popsivo Polwan, Kapolri juga memberikan penghargaan kepada dua atlet Popsivo Polwan yakni Alya Regifa Fahira dan Zahwa Aliah Jasmien berupa Rekrutmen Proaktif Bintara Polri tahun anggaran 2025.

 

Sumbar  - Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) akan melakukan proses ekshumasi (pembongkaran makam) terhadap jasad  Afif Maulana (13) pada Kamis tanggal 8 Agustus 2024. 

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan, S.Ik dalam keterangan persnya di Mapolresta Padang, Rabu (7/8) siang.

"Surat permohonan ekshumasi dari keluarga Afif kami terima tanggal 29 Juli 2024, kemudian setelah dilakukan pengkajian, pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2024 kami mengirimkan surat permohonan ekshumasi ke Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) dalam bentuk PDF. Dan pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2024 baru kami kirimkan surat aslinya ke Sekretariat PDFMI di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta," katanya. 

Dirinya menerangkan, dari hasil surat permohonan itu, sudah ditindaklanjuti oleh PDFMI dan pihaknya menyebut sudah menerima respons terkait ekshumasi Afif Maulana.

"Balasannya, bahwa rencananya ekshumasi itu hari Kamis (8/8/2024) dimulai pukul 07.00 WIB," terangnya. 

Lanjut Kabid Humas, dalam proses ekshumasi tersebut sejumlah Dokter ahli Forensik dan Medikolegal akan dilibatkan, seperti Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto dari RSCM dan langsung ditugaskan menjadi Ketua. Kemudian dr. Baiti Adayati dari PB PDFMI, Dr. dr. Rika Susanti dari PDFMI Sumbar, dr. Sigit Kirana Lintang Bima dari Undip dan dr. Adriansyah Lubis dari USU.

"Sementara sebagai pendamping ada dari Pusdokkes Polri, yakni Brigjen Pol Dr.dr Sumihestri SpFM dan Brigjen Pol (Purn) dr Pramujoko SpFM," ujarnya. 

Kabid Humas menjelaskan, pada esok hari itu tim ekshumasi berangkat ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Afif Maulana pada pukul 07.00 WIB.

Kemudian, pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB, tim melaksanakan penggalian kubur Afif Maulana.

Setelah digali, pukul 09.00 WIB, jasad Afif Maulana dibawa ke Instalasi Forensik RSUP dr M Djamil Padang. Selanjutnya, pukul 10.00 WIB, autopsi dilakukan sampai selesai.

"Setelah itu, PDFMI akan melakukan jumpa pers terkait hasil Autopsi ulang, setelah ekshumasi selesai dilakukan. Setelah itu, baru tim akan kembali ke hotel," ujarnya.

"Nanti hasil dari Ekshumasi inilah dilanjutkan untuk penyelidikan kasus penemuan mayat di bawah jembatan Kuranji tersebut ," ucap Kabid Humas menambahkan. 

Pihaknya berharap, pada kegiatan Ekshumasi ini, pihak-pihak independen dan pemerintah dapat mengikuti proses ekshumasi tersebut.(*)

 


Sumbar - Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin pelantikan pengurus Komite Olahraga Polri (KOP) Polda Sumbar dan pengukuhan perguruan beladiri di Polda Sumbar, pada Rabu (7/8/2024) pag, di lapangan depan Mapolda Sumbar.

Dalam kegiatan itu dihadiri Waka Polda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Prabowo Santoso, Ketua KONI Provinsi Sumbar, Kadispora Provinsi Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar dan undangan lainnya.  

Dalam amanatnya Kapolda Sumbar mengatakan, Baru saja kita saksikan pelantikan kepengurusan Kapolda Sumatera Barat dan pengukuhan kepengurusan perguruan bela diri Polda Sumbar serta menyerahkan penghargaan kepada personel Polda Sumbar yang berprestasi di bidang olahraga dari pimpinan Polri dan juga Kapolda Sumbar.

Kapolda menyebut, Pelantikan dan pengukuhan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita dalam menggelorakan semangat serta mendorong kerja sama dalam membangun prestasi olahraga di lingkungan Polda Sumatera Barat khususnya dan Sumatera pada umumnya.

“Banyak potensi olahraga di Ranah Bundo Sumatera Barat ini yang bisa kita maksimalkan dalam meraih prestasi olahraga sampai masyarakat yang suka dan juga cinta olahraga alam yang akan mendukung serta support pemerintah provinsi Cukup baik namun kita menyadarinya. Hal tersebut belum Tergali secara maksimal perlu didukung dan kerja sama dari seluruh instansi serta lembaga masyarakat guna tercapai harapan bersama yaitu masyarakat yang sehat dan masyarakat yang bugar serta didapatnya prestasi olahraga di kancah nasional maupun internasional,”kata Irjen Pol Suharyono. 

Oleh karena itu, jelas Kapolda Sumbar, pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga tidak akan mampu kita raih secara signifikan apabila sinergitas Antara lembaga tidak terbangun dengan baik, Rupanya tertopang harapan kepada Komite Olahraga Polri atau KOP untuk membangun sinergitas yang baik dengan KONI dan lembaga lainnya guna tercapainya kesamaan tujuan dalam mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan di Sumatera barat hari ini. 

“Kepada para pejabat yang sudah dilantik dan dikukuhkan. Saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan. Kami yakin Pengurus Komite Olahraga Polri Polda Sumatera Barat. Yang barusan dilantik dapat terus membangun interaksi, sinergitas dan soliditas dengan semua komponen dalam rangka memajukan Olahraga di jajaran Polda Sumatera Barat,” ujar Kapolda Sumbar.

Kapolda Sumbar juga berharap agar segera susun kepengurusan pada cabang masing masing buat perencanaan pembinaan dan meningkatkan prestasi dengan baik. Semoga kepengurusan ini dapat membawa polda Sumatera Barat meraih prestasi olahraga di event regional nasional bahkan internasional. 

Dalam amanatnya juga, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengajak kepada seluruh pengurus untuk bersama sama menjadikan momentum pelantikan dan pengukuhan ini sebagai titik balik kemajuan pembinaan olahraga di lingkungan polda Sumatera Barat, khususnya dalam mencari serta membina bibit bibit atlet yang dapat membawa nama harum polda Sumatera Barat di tingkat nasional, Bahkan internasional serta dapat menjadi penguat serta penyemangat para pengurus untuk memperkokoh cita cita bersama yaitu menjadikan KOP Polda Sumatera Barat sebagai barometer olahraga di Sumatera barat.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono juga telah mengukuhkan 5 pengurus Perguruan bela diri.  5 perguruan bela diri yang ada di lingkungan Polda Sumatera Barat, Dan untuk  5 perguruan tersebut tetap berada di bawah koordinasi dan pembinaan oleh Komite  Olahraga Polri (KOP).

“Semoga dengan pengukuhan ini pembinaan bela diri akan lebih baik dari sebelumnya dan kepada pengurus agar segera inventarisir dan siapkan atlet dan koordinasikan kepada Komite Olahraga Polri Polda Sumbar untuk mengikuti kejuaraan baik internal maupun eksternal Polri,” tutup Kapolda Sumbar.(*)


Pasamanbarat – Kepolisian Resor Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rekonstruksi terkait kasus tindak pidana kekerasan yang menyebabkan meninggal dunia terhadap seorang bayi yang berinisial AK (13 bulan).

Kegiatan rekonstruksi tersebut digelar dilapangan tembak Mapolres Pasaman Barat, dengan menghadirkan pelaku berinisial RS (21) yang merupakan ayah tiri korban, dan juga dihadiri oleh Penasehat Hukum pelaku Fadlil Mustafa dan Jaksa penuntut umum (JPU) Mega Nanda Beniv Fitria dan Titi Maharani, Selasa (6/8/2024).

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Fahrel Haris mengatakan, kegiatan rekonstruksi terhadap kasus kekerasan terhadap anak dibawah umur sengaja digelar untuk memastikan hal-hal detail dalam kasus kekerasan dan untuk mencocokkan keterangan pelaku kepada polisi dan yang sebenarnya terjadi.

“Ini perlu kami lakukan untuk mengetahui secara pasti apa saja tindakan yang dilakukan pelaku terhadap korban dan untuk membuktikan bahwa keterangan yang diberikan pelaku kepada penyidik Unit PPA tidak berbeda dengan apa yang dilakukan pelaku,” ujar Kasat Reskrim. 

Dikatakannya, RS telah melakukan tindak pidana kekerasan terhadap anak mengakibatkan korban meninggal dunia dan ditetapkan tersangka sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/173/VII/2024/ RESPASBAR, tanggal 11 Juli 2024, yang terjadi dirumah kontrakan pelaku yang berada di Jorong Padang Canduah, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat pada Kamis (11/7/2024) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Dalam rekonstruksi itu, pelaku memperagakan sebanyak 39 adegan, saat melakukan tindak kekerasan terhadap anak dibawah umur berinisial AK, sehingga menyebabkan korban meninggal dunia," katanya.

Diterangkan, berdasarkan hasil Visum Et Repertum (VER) terhadap korban, yang dilakukan oleh dokter forensik di RS. Bhayangkara Polda Sumatera Barat ditemukan pendarahan dirongga perut, akibat kekerasan tumpul.

Dilihat dari luka-luka dan beberapa bekas luka yang dimiliki korban tampak bahwa korban telah mengalami kekerasan fisik secara berulang-ulang.

"Penyebab korban meninggal dunia adalah kekerasan tumpul pada bagian perut yang menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah disekitar tirai penggantung usus dan sekitar ginjal, sehingga mengakibatkan pendarahan didalam rongga perut, dengan perkiraan waktu kematian adalah sekitar 12 sampai 24 jam sebelum pemeriksaan terhadap korban," paparnya.

Dijelaskan Kasat, pada adegan 12 sampai adegan ke 17 terlihat pelaku melakukan kekerasan terhadap korban dengan cara melempar dan memukul korban menggunakan cangkir plastik berisi air kearah dada dan perut korban. 

Tidak hanya itu, pelaku juga mengangkat tubuh korban dengan kedua tangannya, dengan posisi korban tertelentang di tangannya dan menjatuhkannya ke lantai, sehingga korban terjatuh dalam posisi tertelungkup di permukaan lantai keramik.

“Pada saat peristiwa itu terjadi, ibu kandung korban bernama Riska Agusti sedang tidak berada di rumah,” jelasnya.

Ia menyebut, pihaknya juga telah mengamankan barang bukti berupa satu buah cangkir, satu helai baju kaos, satu helai kain handuk, satu helai baju kaos anak warna hitam, satu helai celana panjang anak warna putih dan satu helai kain selimut motif bunga.

Setelah rekonstruksi selesai, hasilnya akan digunakan untuk melengkapi berkas perkara yang akan diserahkan kepada JPU. Proses hukum terhadap tersangka akan dilanjutkan di pengadilan, dan diharapkan dapat memberikan keadilan bagi korban dan keluarganya.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 80 ayat (3) dan ayat (4) Jo Pasal 76C Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang undang Nomor 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Pasal 44 ayat (3) Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor: 23 tahun 2004, Tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya. (HumasResPasbar)

 

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Polda Sumatra Barat (Sumbar) telah menerbitkan surat ekshumasi atau penggalian kubur terhadap jasad AM (13). Ekshumasi ini merupakan permintaan keluarga AN guna membuat terang penyebab kematian korban.

"Polda Sumbar atau kepolisian menerbitkan surat ekshumasi seperti yang diminta keluarga korban," ungkapnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/24).

Menurutnya, surat ekshumasi itu diterbitkan agar jangan sampai ada lagi prasangka buruk terhadap institusi kepolisian. Surat ekshumasi itu pun sudah ditunjukkan kepada keluarga korban dan tim kuasa hukum.

"Ini juga tujuannya supaya jangan sampai ada kemudian perkiraan-perkiraan negatif kepada polisi. Alhamdulillah tadi surat ekshumasinya sudah dikirim ke Jakarta dan sudah langsung dilihat oleh pengacara dan keluarga korban," jelasnya.

Ia berjanji, DPR akan mengawal proses ekshumasi jasad AN. Bahkan, ia mengaku telah mengantongi keterangan pengacara keluarga AM serta pihak kepolisian.

"Lalu, keterangan dari pengacara korban juga sudah dikirim ke WA saya. Keterangan dari polisi juga sudah dikirim ke WA saya," ujarnya.

Di sisi lain, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes. Pol. Dwi S mengemukakan bahwa Polresta Padang telah mengirimkan Surat Permohonan Ekshumasi kepada Persatuan Dokter Forensik dan Medikolegal pada 3 Agustus 2024.

“Hari ini penyidik Polresta Padang langsung mendatangi Sekertariat PDFMI di RSCM Jakarta untuk memberikan suratnya secara langsung,” ujar Kabid Humas.

Selanjutnya, ujar Kabid, PDFMI akan menugaskan dokter yang akan melakukan ekshumasi tersebut. Sehingga, Polda Sumbar masih menunggu kapan pelaksanaan ekshumasi akan dilakukan oleh PDFMI.

“Kami dari Polda Sumbar berharap pelaksanaannya segera dilaksanakan,” jelasnya.


Kabar gembira datang dari Malaysia. 22 atlet Taekwondo Garbha Presisi Polri yang berlaga di MBW Taekwondo Malaysia International Championship 2024 berhasil keluar sebagai juara umum dengan memboyong 14 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu. 

Prestasi ini mendapat sambutan hangat Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

“Sejak awal melepas tim, saya yakin anak-anak akan _all out_ tapi tidak menyangka hasil yang mereka peroleh ternyata di luar perkiraan mengingat kejuaraan ini diikuti lebih dari 2.000 peserta dari 13 negara dan persaingannya sangat ketat,” ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

MBW Taekwondo Malaysia International Championship 2024 berlangsung di Sport Center, University Tenaga Nasional, Kuala Lumpur dari tanggal 2 hingga 5 Agustus 2024 diikuti 2.164 atlet dari 13 negara, yakni Indonesia, Australia, China, India, Nepal, Malaysia, Thailand, Jepang, Singapura, Korea, Pakistan, Cina Taipe dan Kamboja. 

Kontingen Indonesia meraih tiga predikat dalam kejuaraan ini, yaitu juara umum 1 untuk kategori Pomsae dan juara umum 2 untuk kategori Kyorugi serta menjadi tim terbaik. 

Usai mengikuti kejuaraan di Malaysia, tim Taekwondo Garbha Presisi langsung melanjutkan perjalanan mengikuti kejuaraan internasional Taekwondo di Thailand pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2024. 

Berikut nama-nama atlet yang menyumbang medali untuk tim Taekwondo Garbha Presisi di MBW Taekwondo Malaysia International Championship 2024.

A. Kategori Kyorugi:
1. Bripda Sekar Embun Widia Ningrum Polda Babel emas U 67 Kg Putri 
2. Bripda Ifah Alfanita Polda DIY emas U 46 Kg Putri 
3. Bripda Jihan Amira Mutia Azzahra Polda Jateng emas O 73 Kg Putri 
4. Bripda Elly Annisa Polda Babel emas U 57 Kg Putri
5. Bripda Shaleha Fitriana Yusuf Polda Jateng emas U 62 Kg Putri
6. Bripda Adhetian Setya Putra PMJ emas U 80 Kg Putra
7. Bripda Maulana Rizky Polda NTB emas U 87 Kg Putra
8. Bripda Rizky Anugrah Polda Jatim emas O 87 Kg Putra
9. Bripda Petrus Khrisna Putra Suarlembit PMJ emas U 54 Kg Putra
10. Bripda Hendro Gunawan Polda Jabar emas U 63 Kg Putra
11. Bripda Dhiva Rahmani Sonjaya Polda Jabar emas U 58 Kg Putra
12. Bripda Raden Odo Prangbakat Polda DIY perak U 54 Kg Putra
13. Bripda Wibawa Polda Jabar perak U 74 Kg Putra
14. Bripda Salim Azhar Jabar perak U 68 Kg Putra
15. Bripda Nurahmi Widyowati Polda DIY perak U 53 Kg Putri
16. Bripda Amelia Fika Anggraeni Polda DIY perak U 73 Kg Putri
17. Bripda Rizky Irma Suriany, S.H. Polda Sultra perunggu U 49 Kg Putri
18. Bripda Inggrid Maria Rejekina Polda Sumut perunggu U 49 Kg Putri
19. Hazra Ayundha Putri, Atlet Binaan Polri Perak U 57 Kg Putri
20. Alma Zafirah, Atlet Binaan Polri, Perunggu U 59 Kg Putri

B. Kategori Pomsae:
Beregu:
1. Bripda Johansen Vicenzo Angtolis Polda Sulteng dan Bripda Ihya Ainizzahra Polda Kalsel 2 emas Kategori Pair
2. Bripda M. Rizky Prasetya Polda Lampung dan Bripda Salwa Syifa Syahirah Polda Lampung 2 perunggu Kategori Pair

C. Kategori Perorangan/Individual:
1. Bripda Johansen Vicenzo Angtolis Polda Sulteng emas Kategori Individu Putra
2. Bripda M. Rizky Prasetya Polda Lampung perungu Kategori Individu Putra

RILIS SSDM POLRI



-SSDM POLRI- Nila, ibu dari Regina Anugerahanni Rosari, bersyukur sibungsu menjadi taruni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2024. Di sisi lain dia menyayangkan orang-orang yang meragukan anaknya masuk Akpol tanpa biaya apapun.

"Saya kadang seperti mimpi (Regina masuk Akpol). Seperti saya di pasar, kan saya jualan. Itu saya ditanya, 'Ini kok Regin nggak pernah bantuin? Di mana'. Saya jawab 'Sudah berangkat (seleksi Akpol-red) ke Semarang',"  cerita Nila, dikutip dari Podcast SDM Polri Today, Minggu (4/8/2024).

Nila menceritakan orang-orang yang akhirnya tahu Regina terpilih sebagai calon taruni Akpol bertanya soal besaran biaya. Nila menerangkan dirinya tak mengeluarkan biaya sama sekali karena dengan pekerjaannya sebagai penjual di pasar, uang receh pun berarti bagi dia.

"Ditanya habis berapa M (miliar rupiah-red). Lah wong saya saja tukang warung, wong Rp 500 perak, Rp 1000 perak saja saya pungut ibaratnya," ucap Nila.

Dia bersyukur karena proses seleksi Akpol dinilainya berlangsung transparan. Dia menegaskan putrinya juga pantang menyerah dan tak berputus asa meski sempat dua kali gagal masuk Akpol.

"Puji Tuhan karena ini proses transparan, makanya Regin maju, maju terus. Puji Tuhan dua kali gagal, yang ketiga Regin bisa lolos," ujar Nila.

Senada dengan cerita Nila, Handoko yang merupakan ayah Regina pun ditanyai tetangga, rekan kerja, hingga Pak RT soal biaya. Kepada RT setempat, Handoko meminta cerita perjuangan Regina masuk Akpol disampaikan kepada masyarakat setempat sehingga anak-anak muda berprestasi di lingkungan tempat tinggalnya memiliki optimistis.

"Tetangga kiri-kanan mendengar, teman kerja mendengar anak diterima masuk akpol, mereka tanya saya, 'Habis berapa?', (Handoko jawab-red) 'Nggak ada habis berapa, Pak. Semuanya itu gratis dan tidak ada pungutan biaya'," cerita Handoko.

"Bahkan ketika Pak RT datang ke rumah saya, menyampaikan surat pemilu, itu sempat bertanya, 'Habis banyak Pak Handoko?' pakai bahasa lokal. Ya saya bilang, 'Pak sekalian saja saya mau titip ke Bapak selaku pamong di sini, sampaikan ke warga sekitar sini karena banyak anak-anak yang berpotensi. Karena soal Regina, tidak sedikit pun kami mengeluarkan biaya'," imbuh Handoko.

Regina merupakan taruni asal pengiriman Polda Lampung. Tahun ini adalah kali ketiga Regina mengikuti seleksi taruna-taruni Akpol.

Dia menyebut tujuannya masuk Akpol ingin mendapatkan kesempatan pendidikan terbaik secara gratis. Sehingga tak lagi membebani kedua orang tuanya.

"Ini tahun ketiga daftar Akpol, tahun terakhir. Saya ingin mendapat pendidikan gratis sehingga tidak lagi membebani orang tua terkait dengan biaya pendidikan dan biaya sehari-hari selama pendidikan. Saya juga ingin punya pekerjaan yang tetap," ujar Regin, sapaan akrabnya, kepada detikcom di Gedung Fasdik Lama, Flat Taruni, Resimen Akpol, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (26/7).

Regin mengatakan dirinya lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya sempat bekerja sebagai satpam, namun kini bekerja di pabrik pakan udang, sementara ibunya pedagang sembako di Pasar Beringin, Bandar Lampung.

"Ayah saya dulu satpam, tapi pensiun jadi satpam, sekarang kerja di pabrik pakan udang. Kalau ibu saya pedagang sembako di pasar, toko biasa, toko kecil," kata anak bungsu dari dua bersaudara ini.

Regina menyebut modalnya untuk masuk Akpol hanya kegigihan. "Dapat dibuktikan dari saya mencoba tiga kali. Tahun pertama saya ranking 3, tahun kedua saya ranking 2, dan ini tahun ketiga saya ranking 1 panitia daerah, Puji Tuhan," ucapnya.

Tiga kali mengikuti seleksi Akpol, perempuan yang pernah menyabet Juara I Kejuaraan Tinju Amatir tingkat Provinsi Lampung ini berpendapat rangkaian pemeriksaan dan tes dijalaninya dengan adil dan terbuka. Regin sadar ada beragam komentar soal seleksi Akpol yang muncul di masyarakat, namun pendapatnya berdasarkan pengalaman pribadinya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggaraan seleksi taruna-taruni Akpol atas terselenggaranya sistem seleksi yang humanis, transparan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kemarin itu jasmani semuanya udah pake sensor semua, menurut saya ini bagus, itu ke itu berlaku untuk semua peserta," ucap Regin.

"Dan sebelum tes pakai alat, selalu ada gladi bersihnya untuk kita. Lalu saat CAT, soalnya diacak dan nilainya langsung muncul setelah selesai. Jadi saya tutup telinga saja sih kalau ada yang nakut-nakutin ini-itu, karena saya pribadi tidak mengalami itu. Kalau saya mengalami, tidak akan saya mau berusaha sampai tiga kali seleksi Akpol," pungkas dia. *RILIS SSDM POLRI*




Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menangkap terduga tindak pidana terorisme berinisial HOK (19), di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Baru Malang, Rabu (31/7/2024), malam. Pelaku berencana untuk melakukan aksi bom bunuh diri dengan sasaran tempat ibadah 

Rencana aksi pelaku berhasil digagalkan oleh tim Densus 88. Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, HOK ditangkap sekitar pukul 19.15 WIB. "Dari hasil penyelidikan, tersangka diketahui berencana melakukan aksi teror bom bunuh diri di tempat ibadah dengan menggunakan bahan peledak berdaya ledak tinggi," kata Brigjen Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Trunoyudo membeberkan, bahwa HOK merupakan simpatisan dari kelompok teroris Daulah Islamiyah yang berafiliasi dengan ISIS.  Selain menangkap tersangka, Densus juga mengamankan beberapa orang untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dari hasil penangkapan tersangka HOK, sambung mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, tim Densus dan Polda Jatim juga melakukan penggeledahan di salah satu rumah kontrakan di kompleks perumahan Bunga Tanjung, dusun Jeding, desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Kamis (1/8/2024) hari ini. Tim dari Laboratorium Forensik dan Jibom Polda Jatim melakukan penyisiran di rumah pelaku.

"Ini rumah masih sewa, info sementara sewa 2 tahun baru jalan 1,5 tahun," ungkap Trunoyudo.

Dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa barang bukti yakni 1 botol cairan bahan peledak  yang berdaya ledak tinggi. Selain itu juga ditemukan ketapel dan 1 toples berisi Gotri.

Trunoyudo menegaskan, atas perbuatan tersangka, polisi akan menjeratnya dengan Pasal 15 Jo Pasal 7 dan atau Pasal 9 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang.

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.